Tuesday, December 26, 2017

Tips 10 Cara Memanfaatkan Kulkas Anda Sebaik Mungkin


Ini saatnya makan malam tapi di sana Anda bersama kepala menusuk kulkas. Gerimis dengan gerut buram bolak-balik di rak, mencari satu unsur penting yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan hidangan yang sedang Anda siapkan. Anda melihat ke dalam semua botol dan kaleng dengan harapan bisa menemukannya, tapi sia-sia. Kalau saja kamu sudah mengatur lemari esmu lebih baik!

Kami mungkin tidak terlalu memikirkannya, tapi lemari es yang rapi dan terorganisir dengan baik tidak hanya membuat lebih mudah bagi kita untuk mengambil barang darinya saat kita membutuhkannya tapi juga membuat makanan segar lama. Begini cara melakukannya:
Atur rak

Bersihkan rak dengan baik dan kemudian atur ulang dengan rapi sehingga kulkas Anda lebih fungsional dan lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika susunan rak sudah benar, maka kulkas Anda akan memiliki sirkulasi udara lebih banyak dan juga akan terlihat rapi dan rapi. Paling tidak satu rak di lemari es harus bisa menampung kontainer tinggi. Dan Anda bisa menyimpannya untuk botol dan kaleng yang lebih kecil.

Gunakan liners rak

Tumpahan terjadi setiap saat dan membersihkan rak kulkas setelah tumpahan bisa menjadi proses yang membosankan. Lindungi kulkas Anda dari tumpahan dengan menggunakan liners rak. Ada banyak liners rak tersedia di pasar seperti handuk lembut, cling wrappers, vinil putih, liner transparan plastik dll. Pilihlah! Kapan pun terjadi tumpahan di rak, lebih mudah melepaskan liner dan membersihkannya, sehingga melepaskan rak. Plus, liners rak menambahkan sentuhan warna-warni ke kulkas Anda.

Tempatkan barang serupa bersama

Susunlah item makanan Anda berdasarkan kategori, jenis atau penggunaannya dan sebutkan tempat tetap untuk mereka di kulkas Anda. Misalnya, tempatkan buah Anda di laci dengan kelembaban rendah, bumbu di satu tempat, dan susu dan minuman lainnya di tempat lain. Ini akan membantu Anda untuk dengan mudah menemukan barang yang Anda butuhkan. Anda juga bisa menggunakan nampan untuk melengkapi kompartemenalisasi item. Pilih nampan yang tidak terlalu besar dan jangan mengambil lebih banyak ruang sendiri. Jadi Anda bisa menempatkan semua bumbu dalam satu baki, saus di tempat lain dan sebagainya. 

Gunakan wadah dengan cara yang benar

1. Lebih suka bentuk persegi dan persegi panjang. Simpan barang dalam wadah persegi atau persegi panjang karena bisa ditumpuk dengan baik dan juga akan masuk ke sudut dengan mudah. Pastikan juga wadahnya tertutup dengan kencang.
2. Pilih wadah tembus pandang. Kontainer lihat-tunggul paling baik karena Anda tahu apa yang ada di dalam wadah dan apa yang Anda cari. Ini juga menghemat masalah pelabelan kontainer.
3. Pilih wadah gelas. Kaca kontainer ramah lingkungan dan memungkinkan Anda memanaskan makanan di dalamnya sampai suhu tinggi.
4. Gunakan wadah warna yang sesuai. Ini bukan keharusan, tapi ini tipuan sederhana agar kulkas Anda terlihat cantik dan terorganisir dengan baik. Misalnya, Anda bisa mengkoordinasikan wadah putih dan biru atau wadah warna yang sama.
5. 'Gunakan saya segera' nampan. Untuk makanan yang perlu dikonsumsi dalam waktu sekitar seminggu atau lebih, tempatkan di baki tertentu yang dimaksudkan hanya untuk barang-barang yang akan segera binasa. Dengan cara ini tidak akan ada pemborosan dan Anda tidak perlu menyimpan daftar barang-barang itu di bagian atas pikiran Anda.

Gunakan tas freezer atau tas hijau

Hemat ruang di lemari es Anda dengan menyimpan makanan di tas ketat, tas freezer atau tas hijau.

Tas freezer Simpan barang makanan Anda ke dalam tas freezer yang bebas dari BPA [Bisphenol A]. Tas freezer murah dan tersedia dalam berbagai ukuran. Selain itu, mereka dapat dengan mudah ditumpuk dan diberi label.

Tas hijau Gunakan tas hijau untuk menyimpan sayuran dan buah-buahan, karena mereka cenderung membuat mereka tetap segar lebih lama.

Gunakan penumpuk botol

Kemungkinan besar Anda akan kehabisan ruang untuk menyimpan botol di pintu kulkas Anda dan kemudian perlu menggunakan rak. Untuk mencegah agar botol tidak berputar-putar di rak gunakan penumpuk botol. Ini bisa digunakan untuk menempatkan anggur, minuman ringan dan botol kecap Anda. Penumpuk ini juga memegang kaleng dengan baik. Anda bisa mendapatkannya sebagai alas karet yang fleksibel.

Labelkan wadah dan rak

Label kontainer Gunakan label penyimpanan makanan atau penanda untuk menuliskan nama item dan tanggalnya dikemas dalam wadah. Dengan ini, setiap tiga hari Anda bisa melakukan pemeriksaan acak dan membersihkan kulkas dengan melepas wadah yang tidak diinginkan.

Rak label Jika Anda memiliki banyak laci dan tempat sampah, beri label semuanya hanya untuk mengidentifikasi dan mengganti makanan dengan mudah. Kebiasaan ini akan terbukti berguna setelah Anda baru saja membeli bahan makanan dan menuangkan lemari es. Alih-alih membuang barang secara acak di rak manapun, label akan memastikan bahwa setiap item memiliki tempat yang telah ditentukan. Demikian juga, Anda juga bisa menyimpan makanan di tempat sampah dan memberi label itu sebagai "Anak-anak" sehingga anak-anak Anda bisa mencapainya dengan mudah.

Perlu sirkulasi udara dingin

Untuk mencegah makanan Anda terlalu cepat dan menjaga makanan Anda pada suhu yang aman, hindari membebani kulkas Anda dengan banyak makanan. Udara dingin perlu beredar untuk menjaga makanan pada suhu yang diinginkan.

Atur item berdasarkan kelembaban dan suhu

Simpan makanan yang mudah rusak seperti dadih, makanan pencuci mulut, krim segar dan buah matang di rak yang paling dingin. Buah bisa disimpan di laci dengan kelembaban rendah sementara sayuran bisa disimpan di laci dengan kelembaban tinggi.

Barang kecil di depan

Selalu tempatkan barang besar di bagian belakang kulkas dan yang kecil di depan, sehingga Anda bisa melihat dengan jelas apa yang Anda miliki. Ini juga membantu menghindari pemborosan makanan.

Simpan hanya buah dan sayuran yang diperlukan

Beberapa buah dan sayuran seperti bawang dan kentang tidak perlu didinginkan. Mereka dapat disimpan dengan aman di meja dapur Anda selama dua sampai tiga minggu. Dengan cara ini, Anda bisa memiliki lebih banyak ruang di kulkas Anda untuk makanan yang memang memerlukan pendinginan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips 10 Cara Memanfaatkan Kulkas Anda Sebaik Mungkin