Tuesday, December 26, 2017

Perbedaan Defrost dan No Frost Pada Lemari Es


Satu alat pendingin rumah tangga pada intinya terbagi dalam dua tipe yakni almari pendingin defros serta no frost. Ketidaksamaan tiap-tiap pendingin tidak beda cuma jenis serta mereknya.

Semuanya langkah kerjanya serta komponen sama, jadi tidak tutup peluang bisa kita tekuni tanpa ada mesti tahu mereknya.

LEMARI PENDINGIN DEFROST

Almari pendingin defrost yaitu almari pendingin yang langkah kerjanya belum juga diperlengkapi dengan system pencairan bunga es, jadi almari pendingin ini masih tetap mempunyai bunga es yang langkah membersihkannya masih tetap manual. Dimaksud manual karna langkah membersihkannya masih tetap lewat cara memutar penyusunan suhu ke off atau mungkin dengan langkah mencabut aliran listrik.

CONTOHNYA : KULKAS 1 PINTU
Pada kulkas satu pintu masih tetap mempunyai bunga es, apabila tidak di cairkan dengan manual, jadi bunga es juga akan menumpuk sampai menggangu sistem pendinginan serta juga akan menelan tempat pada ruangan evaporator.

LEMARI PENDINGIN NO FROST
 
Almari pendingin no frost yaitu almari pendingin yang langkah kerjanya telah diperlengkapi dengan system pencairan bunga es dengan automatis, jadi telah tidaklah perlu ribet untuk bersihkan bunga es itu.

CONTOHNYA : KULKAS 2 PINTU
Pada kulkas 2 pintu telah sudah mempunyai system pencairan bunga es dengan automatis.


KOMPONEN YANG MEMBEDAKAN ANTARA LEMARI PENDINGIN DEFROST DAN NO FROST

KOMPONEN LEMARI PENDINGIN DEFROST (KULKAS 1 PINTU)
- COMPRESSOR
- KONDENSOR
- EVAPORATOR
- THERMOSTAT
- PTC RELAY
- OVERLOAD

KOMPONEN LEMARI PENDINGIN NO FROST (KULKAS 2 PINTU)
- COMPRESSOR
- KONDENSOR
- EVAPORATOR
- THERMOSTAT
- PTC RELAY
- OVERLOAD
- TIMER
- MOTOR KIPAS BLOWER
- HEATER
- THERMO FUSE
- THERMO DEFROST

Jadi yang membedakan pada kulkas satu pintu (defrost) serta kulkas dua pintu (no frost) yaitu adannya Timer, Motor kipas blower, Heater, Thermo fuse serta Thermo defrost.

Apa peranan dari komponen kulkas itu...?
Saya juga akan menjelaskan peranan dari komponen kulkas itu satu-persatu

Compressor Kulkas
Pengertian
Compressor yaitu motor pumpa refrigrant, yang didalamnya ada kumparan starting serta ranning untuk memutar motor serta mengerakkan piston jadi alat pompa gas refrigrant.

Peranan Compressor
Compressor berperan untuk aliran refrigrant, lewat cara memompa gas refrigrant.

Langkah kerja compresor
Compresor saat bekerja juga akan mendorong gas refrigrant lewat pipa tekan (discharge) lalu menuju kondensor dengan bentuk berbentuk gas, di sini desakan gas tertinggi.

Gas refrigrant di dalam kondensor alami kondensasi (perubahan bentuk dari gas jadi cair) namun masih tetap bertekanan tinggi menuju filter yang berperan menyaring kotoran serta oli sebelumnya masuk ke pipa kapiler dengan diameter lubang 0, 28 mm.

Sesudah masuk ke filter yang telah berwujud cair serta bertekanan tinggi lantas masuk ke pipa kapiler untuk kurangi desakan gas cair, sesudah melalui pipa kapiler serta bertekanan rendah setelah itu menuju evaporator.

Di dalam evaporator, gas freon alami evapourasi yakni penguapan. Gas refrigrant menyemprot serta menguap sembari membawa udara panas dalam evaporator ke compressor. Sistem begini berjalan terus-terusan hingga temperatur suhu (thermostat) menyebutkan suhu telah terwujud serta baru mesin kompresor berhenti bekerja.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbedaan Defrost dan No Frost Pada Lemari Es